1.
Pengertian
dan arti penting komunikasi
Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses dimana beberapa orang atau bahkan
oganisasi saling berhubungan dalam penyampaian informasi, dimana informasi
tersebut dapat berupa gagasan, idea tau pesan. Komunikasi dalam sebuah
organisasi sangat penting, karena dengan adanya komunikasi maka kemungkinan
kesalahpahaman yang akan terjadi menjadi lebih kecil.
Arti penting Komunikasi
Pada dasarnya manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan
serta pengalaman yang dimiliki, komunikasi yang biasa di lakukan manusia berupa
lisan, tulisan gerakan serta sinyal. Melalui komunikasi, sikap serta perasaan
seseorang atau kelompok dapat dipahami oleh pihak lain yang dapat
menafsirkan informasi yang disampaikan.
Komunikasi memang sangat penting di dalam kehidupan, terutama
dalam kehidupan berkelompok dan berorganisasi. Dengan komunikasi di dalam
organisasi, pesan, ide, dan gagasan yang ada dapat disampaikan serta dikerjakan
dengan baik. Dengan komunikasi suatu kelompok atau organisasi dapat hidup
dengan baik karena komunikasi dapat menimbulkan kerja sama yang baik pula,
komunikasi juga mempererat tali persaudaraaan antara sesama manusia.
2.
Jenis dan Proses
Komunikasi
Jenis komunikasi
Komunikasi
mempunyai dua jenis cara penyampaian :
Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan sendiri mempunyai dua cara yang sering kita
lakukan, yaitu secara langsung dann tidak langsung. Komunikasi lisan yang
dilakukan secara langsung adalah pembicaraan antara dua orang atau lebih yang
saling bertatap muka tanpa dibatasi oleh perantara dan jarak apapun, biasanya
dilakukan ketika beberapa orang yang sedang berdialog, berpidato, wawancara, dan
rapat.
Sedangkan komunikasi lisan secara tidak langsung adalah komunikasi
yang dilakukan melalui perantara alat seperti telepon atau alat lainnya yang
dibatasi karena adanya jarak antara si pembicara dan lawan bicaranya.
Komunikasi Tulisan
Adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara tulisan tanpa
adanya pembicaraan langsung antara beberapa orang, dengan bahasa yang singkat ,
padat dan jelas yang dapat dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan dapat
berua surat-menyurat dan sms.
Jenis komunikasi
yang lainnya adalah jenis komunikasi yang terdapat dalam organisasi, terdapat 3
jenis yaitu:
Komunikasi formal
dan informal
Komunikasi formal biasanya dilakukan oleh beberapa orang dengan
menggunakan prilaku serta bahasa yang baku, bahasa yang digunakan adalah bahasa
Indonesia yang sesuai dengan ejaaan yag ada. Sedangkan komunikasi informal
adalah komunikasi yang tidak terikat dengan bahasa atau prilaku yang baku,
biasanya komunikasi ini dilakukn antara sesame teman yang sedang berkomunikasi.
Komunikasi kebawah
dan keatas
Komunikasi kebawah merupakan komunikasi yang mengalir dari atas
kebawah biasanya percakapan antara atasan dengan karyawannya untuk mendapatkan
informasi tertentu, sedangkan komunikasi keatas adalah sebaliknya.
Komunikasi satu
arah dan dua arah
Komunikasi satu arah adalah komunikasi yang tidak meminta
balasan/umpan balik kepenerima pesan. Sedangkan komunikasi dua arah adalah
komunikasi yang membutuhkan balasan/umpan balik dari si penerima pesan
Proses komunikasi
Dalam proses komunikasi, kita membutuhkan komunikator (pemberi dan
penerima pesan) serta pesan yang disampaikan. Komunikator bermaksud
berkomunikasi dengan orang lain agar dapat memperoleh atau menyaampaaikan
informasi yang penting dalam bentuk bahasa maupun simbo-simbol yang dapat
dimengerti, lalu pesan tersebut disampaikan secara langsung ataupun tidak
langsung melalui media yang ada.
3. Komunikasi Efektif
Adalah komunikasi yang mampu memberikaan perubahan sikap kepaada
si penerima pesan, komunikasi efektif juga merupakan komunikai dua arah
yang perlu ada umpan balik atau balasan dari si penerima pesan.
Terdapat
lima pondasi yang dapat membangun Komunikasi Efektif yaitu :
a.
Berusaha benar2 mengerti orang lain
(emphatetic
communication)
b.
Memenuhi komitmen / janji
c.
Menjelaskan harapan
d.
Meminta maaf dg tulus ketika membuat kesalahan
e.
Memperlihatkan integritas pribadi
(Softskill : Pertemuan 1 dan 2)
(Softskill : Pertemuan 1 dan 2)
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar