Jumat, 20 Juni 2014

Bahasa Indonesia 2 : Tugas 4



Bab I (pendahuluan) Karya Tulis & Bibliografi


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Perkembangan jaman yang sangat pesat mengakibatkan cara manual sudah tidak efisien dalam mengerjakan dan mempermudah pekerjaan manusia. Komputer merupakan salah satu bukti berkembangnya teknologi. Dengan bantuan program komputer, pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah serta akurat baik dalam hal sederhana hingga sulit.
Bantuan program komputer tersebut akan sangat dibutuhkan pada Kursus Mengemudi “PRATAMA JAYA”, dimana penjadwalan kursus masih dilakukan secara manual tanpa bantuan komputer, sehingga jadwal yang ada tidak efisien. Penjadwalan yang dilakukan secara manual mengakibatkan banyak kesalahan yang terjadi, salah satunya jadwal yang ada dapat terhapus tanpa sepengetahuan admin.
Penulis mencoba merancang suatu aplikasi desktop untuk penjadwalan di Kursus Mengemudi “PRATAMA JAYA” berdasarkan dengan latar belakang di atas, agar penjadwalan dapat dilakukan secara efisien dan akurat dengan bantuan komputer.

1.2. Batasan Masalah
Pada penulisan ilmiah ini, penulis membatasi ruang lingkup permasalahan hanya pada pembuatan aplikasi penjadwalan serta daftar siswa yang mendaftar di Kursus Mengemudi “PRATAMA JAYA”, yang hanya akan bisa diubah dan dimengerti oleh admin yang bersangkutan.

1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini antara lain untuk mempermudah system penjadwalan didalam Kursus Mengemudi “PRATAMA JAYA” dan mengurangi tingkat kesalahan.

1.4. Manfaat Penulisan
Penulisan ini diharapkan dapat membuat sebuah aplikasi yang nyaman dan mudah digunakan bagi user.

1.5. Metodologi Penulisan
-          Studi pustaka :
Dengan cara mengumpulkan data dengan membaca buku sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan mempelajari tutorial pembuatan aplikasi dengan visual basic.
-          Studi lapangan:
Dengan cara melakukan pengamatan (observasi) ke tempat tujuan, serta melakukan wawancara kepada pihak yang bersangkutan.

Daftar Pustaka
Rosady Ruslan, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2003), hal. 24
Sugiyono,  Penelitian Kualitatif, (Online: http://belajarpsikologi.com)



Share:

0 komentar:

Posting Komentar