Senin, 16 Juni 2014

Bahasa Indonesia - Tugas 2

Pertanyaan :

Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa  aspek, yaitu :
a. Topik yang menarik
b. Mudah dipahami oleh pembaca
Jelaskan tentang kedua aspek tersebut !

Jawab :

a. Topik yang menarik
Topik merupakan hal yang pertama kali ditentukan oleh penulis dalam membuat tulisan. Topik berisi  sebuah inti dari seluruh tulisan yang akan di sampaikan, kemudian dikembangkan menjadi cakupan yang lebih luas. Topik biasanya bersifat umum, Karena permasalahan yang ada belum berisi secara mendetail.
Dalam sebuah karya tulis ilmiah, topik yang menarik merupakan salah satu dari aspek yang ada sebagai penentu kualitas dari tulisan yang akan dibuat.
Pembaca sebagai penilai, apakah tulisan yang kita buat, layak dibaca atau sebaliknya. Biasanya mereka akan membaca topik dari tulisan terlebih dahulu, sebelum membaca seluruh isi tulisan.
Bila menurut pembaca topik yang diangkat menarik, maka mereka akan membaca keseluruhan dari tulisan yang dibuat, tapi jika tidak, maka pembaca akan memilih karya tulis lain untuk mereka baca.
Maka dari itu, sangat penting bagi seorang penulis untuk dapat memikirkan topik yang menarik bagi tulisannya agar banyak yang membaca karyanya serta banyak pula yang mendapatkan manfaat dari tulisan yang dihasilkan.

b. Mudah dipahami oleh pembaca
Sebuah karya tulis yang baik, memiliki bahasa yang baik pula. Bagi pembaca, sangat penting dapat mengetahui isi dari karya tulis yang disampaikan penulis, agar pembaca tersebut dapat mengerti arti dari tulisan yang dibaca dan dapat mengambil manfaat dari tulisan yang dibaca. Maka dari itu sebuah karya tulis harus memiliki bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar