Jumat, 20 Juni 2014

Trend Dalam Pemograman Web - Tugas 3


Contoh tulisan ilmiah popular

Trend dalam pemograman web


TREND INTERNET 2011 

Dalam dunia internet, telah banyak hal yang telah kita lalui semisal dengan booming facebook dan twitter serta berbagai macam teknologi lain yang terus bermunculan. Seperti juga pada bidang lain seperti sosial, ekonomi dan politik dimana kebanyakan orang akan menanyakan, kira-kira trend apa yang akan terjadi di tahun 2011 ini, internet pun demikian. Dari berbagai macam hal yang telah kita lalui banyak harapan dan prediksi di tahun 2011 ini tentang bagaimana bentuk internet ditahun ini, baik dari sisi teknologi, fasilitas dan layanan serta inovasi apa yang akan muncul. Berikut ini adalah prediksi internet 2011 yang banyak diperbincangkan oleh para ahli internet.

Realtime Web
Menurut wikipedia definisi  realtime web adalah konsep dalam pencarian untuk menemukan informasi secara online saat informasi ini baru saja dibuat.  Termasuk didalamnya adalah mesin pencari realtime seperti google dan Bing yang saat ini telah mampu menyajikan data beberapa detik terakhir dari jejaring sosial seperti twitter dan facebook. Ditahun 2009, Twitter adalah pelopor dari Realtime serch di internet, lalu diikuti friendfeed dan kemudian facebook. Diujung akhir tahun ini mesin pencari Bing dan Google juga mulai mengimplementasikan pencarian realtime ini kedalam mesin pencarinya. Selain pencarian Realtime, Kolaborasi realtime juga sepertinya akan menjadi trend ditahun ini. Contoh dari Aplikasi realtime untuk kolaborasi editing dokument adalah Google wave(http://wave.Google.com).

Pencarian Visual
Pencarian visual adalah usaha melakukan pencarian dengan menggunakan gambar. Sebagai contoh Anda adalah touris yang datang ke jogja dan anda tidak tahu tentang nama daerah yang anda kunjungi. anda cukup memotret bangunan tertentu, misal tugu jogja atau keraton dan gambar diupload ke mesin pencari, mesin pencari akan memberikaninformasi sesuai dengan gambar yang anda upload luar biasa bukan?  Saat ini, implementasi pencarian ini baru bisa digunakan oleh para pemakai Handphone dengan sistem operasi android, prediksi mendatang fitur ini akan tersedia dalam berbagai platform.

 Mata uang virtual
Dengan berkembangnya jejaring sosial untuk bisnis, maka kemungkinan besar mata uang virtual  akan segera tiba. Banyak yang memprediksi website yang akan membuat mata uang virtual adalah facebook. Dengan pengguna lebih dari 350 juta dan penggunaan facebook connect untuk menghubungkan website lain dengan Facebook maka hal ini sangatlah mungkin terjadi.

Mobile web
Web versi mobile sebenarnya sudah lama ada, dari era wap dan saat ini xhtml, website sudah banyak yang bisa diakses menggunakan handphone dan gadget sejenisnya. Umumnya website ini menggunakan awalan m. misal, untuk mengakses facebook dihandphone, kita bisa mengakses dengan alamat  (http://m.facebook.com) dan untuk twitter (http://m.twitter.com) . Namun umumnya website versi mobile tidak punya fitur website yang kaya semisal streaming video ataupun javascript. Prediksi tahun ini, website versi mobil akan lebih kaya dan mendekati fitur website di desktop.

Aplikasi web yang semakin cepat
Saat ini, website bukan hanya sekedar menampilkan informasi kepada penggunanya, namun ada pergeseran dari memberi informasi menjadi penyedia layananan (webservice). Sebagai contoh adalah Google doc (doc.google.com)  dimana Google memberikan layanan tentang Aplikasi Office online gratis layaknya Microsoft Office. Untuk memakainya anda cukup login dengan Akun Google anda.
Nah semua itu adalah prediksi bagaimana kira kira internet di tahun 2010. Kita tunggu saja apakah prediksi diatas bisa kita nikmati ditahun ini atau apakah ada kejutan lain ditahun ini, kita tunggu saja. Yang jelas, Web dan internet di tahun 2010 ini menawarkan banyak hal yang tidak ada  ditahun tahun sebelumnya.


TREND INTERNET 2012 

Responsive Design
dengan adanya desain web yang responsif itu lebih menghemat banyak hal. Misalnya, tidak perlu membayar desainer dan programmer lagi untuk pekerjaan yang serupa. Desainer tidak perlu membuat desain lagi khusus untuk tampilan di mobile browser, dan programmer tidak perlu lagi membuat kode yang berbeda hanya untuk website yang sama yang dibuka di mobile browser.
Cukup memasukkan keduanya ke dalam file CSS yang sama, dan tambahkan beberapa baris kode untuk mendeteksi ukuran layar. Voila! Dalam satu kali kerja, jadilah dua bahkan tiga tampilan yang berbeda. Mulai dari desktop, tablet, hingga smartphone.

Kombinasi HTML5 + CSS3 + JS = “AWESOMENESS”
Ucapkan “Selamat Tinggal, Flash!” sekarang juga. Buat saya, membuat website dengan Flash itu ide buruk dan ketinggalan jaman. Selain karena bermasalah dengan SEO, konten di dalamnya pun tidak mudah untuk diperbarui. Belum lagi, tidak bersahabat dengan kebanyakan browser, dan tidak lagi didukung oleh banyak platform mobile seperti iOS (Apple) dan Android (Google).
Disamping itu, berkreasi dengan HTML5, CSS3, dan JavaScript lebih menyenangkan dan hasilnya pun juga sama bagusnya dengan Flash. Nggak percaya? Silahkan deh lihat game Lynx Attract ini. Dibuat hanya menggunakan HTML5 dan JavaScript saja. Itu games, lalu bagaimana dengan website? Nggak usah jauh-jauh. Blog ini juga dipercantik dengan banyak sekali JavaScript didalamnya.

Tipografi dimana-mana
Kebanyakan webdesainer dan webdeveloper akan memfokuskan diri pada kesesuaian antar semua komponen baik tampilan atau kode pemrograman yang ada di dalam sebuah web agar menjadi lebih enak dilihat. Penggunaan layanan penyedia font seperti Typekit dan Google Webfonts pun semakin banyak. Mudah digunakan? Tentu saja.
Dan dengan adanya @font-face {} di CSS3, penggunaan embedded code dari layanan-layanan diatas bisa dikurangi. Tampilan website menjadi lebih menarik, dan tentu saja ringan di sisi server. Seperti yang saya gunakan di blog ini, tentu saja. Saya sudah tidak perlu lagi meng-embed kode di file header.php lagi, dan imbasnya, loading website menjadi lebih ringan juga.

Melanjutkan tren 2012 juga masih akan ada banyak website dengan gambar-gambar besar di dalamnya. Biasanya untuk campaign produk atau kegiatan. Fungsinya sih untuk memberi dampak visual yang lebih besar. Dan tentu saja gambar besar ituseharusnya tidak akan membuat website nya lambat, New MySpace juga menggunakan gambar-gambar berukuran besar

White space, white space, and white space!
apa itu white space?. Intinya adalah website yang punya ‘lahan kosong’ lebih banyak lagi di tahun 2013 ini. Seperti di blog pribadi saya, misalnya. Saya membuat banyak sekali kekosongan disana. Saya suka desain yang bersih, karena terlihat lebih profesional, mudah dikenali/diingat, dan lebih menarik. Hampir semuanya adalah palet warna yang lembut. Tentunya, warna yang terpilih inilah yang akan dominan mewarnai banyak produk dan hasil karya desain di tahun 2013 ini. Seperti tahun lalu, kita melihat warna Tangerine dimana-mana. Nah, tahun ini kita akan melihat warna hijau Emerald yang menggantikan.

Mobile apps mulai mengganti posisi mobile web
Di poin pertama saya sudah membahas responsive desain. Dan poin kali ini tentu saja secara tidak langsung mengganti poin pertama. Namun, karena yang terjadi pada banyak website adalah demikian, maka saya pun memprediksikan akan ada banyak sekali website populer yang mulai hadir dalam bentuk aplikasi mobile.
Sebut saja nama-nama besar seperti Engadget, Techcrunch, atau The Next Web. Mereka sudah memiliki beberapa versi aplikasi mobile untuk beberapa platform populer. Belum lagi toko-toko online besar seperti H&M, Shopstyle, MANGO, dan lain-lain. Tentu saja ini akan membuat pelanggan mereka senang karena tidak perlu lagi melakukan aktivitas yang biasa mereka lakukan di pc atau laptop, namun berpindah ke ponsel pintar masing-masing.





Share:

0 komentar:

Posting Komentar